Sunday 12 January 2020

Mengukur Proses Bukan Hasil

Terimakasih kepada Komisaris dan Direktur PT JKS Net, Bapak Made Kartha Susila beserta Bu Anita Caroline yang pagi tadi telah berkunjung di Griya Master SOP dan Master Studio @ Master SOP & Sistem Bisnis.

Siang tadi, dilanjut bertemu dengan pengelola usaha garmen, bapak Wayan Widastra di sebuah apartemen di Pulau Misol Denpasar. Mereka adalah pribadi dan pebisnis yang hebat.

Benarlah, setiap pertemuan yang baik selalu mempunyai makna dan pelajaran yang baik pula. Kawan, Pribadi yang hebat selalu dibentuk oleh 'PROSES' panjang yang telah dijalaninya. Banyak orang 'terjebak' menilai seseorang dari 'HASIL'. Padahal menilai 'hasil' dapat 'mengeco' kita, bisa fiktif atau manipulatif. Maka nilailah prosesnya!.

Sering kita terpukau pada penampilan luar, padahal kesuksesan berupa kekayaan, jabatan yang prestisius, pendidikan dan kedudukan yang tinggi merupakan sebuah 'Hasil'. Dimana capaian tersebut tidak serta merta menunjukkan 'NIlai' dan 'Kualitas'. Karena setiap orang mempunyai cara yang berbeda untuk mendapatkannya.

'Nilai' dan 'Kualitas' yang tinggi hanya bisa ditunjukkan dari berapa 'hebat' proses yang mereka jalani untuk mencapai hal tersebut. Disinilah kami fokus bicara tentang "Cara dan Proses", "Kerja dan Amal".

Pelajaran hari ini : "Tetapkan GOAL yang smart, rancang STRATEGI yang tepat, dan jalankan PROSES-nya dengan komitmen tinggi!". [At-Taubah : 105]

***
Catatan: Ada 1 materi yang belum saya sampaikan di kelas mentoring manapun, tentang kesalahan yg sering terjadi dalam membuat Action Plan sehingga manager kebingungan dan lepas kontrol di tahap eksekusi. Materi ini berupa contoh - contoh detail Action Plan sampai tahap pelaksanaan oleh team di bawah.

#MasterSOP #MasterStudio #SadarSOP #SenyumSOP #KonsultanSOP

0 komentar:

Post a Comment

Alim Mahdi adalah Founder www.mastersop.com

Konsultan SOP dan Penggagas "GERAKAN PENGUSAHA SADAR SOP"