Tuesday 16 October 2012

Seri Keunggulan SOP: Usaha Lebih Rapi

Kali ini saya akan bahas tentang “Keunggulan Usaha yang mempunyai SOP”. Supaya tidak terlalu banyak dan enak bacanya, saya akan uraian satu persatu.
Adapun keunggulan yang pertama dari Usaha yang sudah mempunyai SOP sebagi berikut:

Yang pertama adalah Lebih Rapi
Usaha bersistem (SOP) lebih rapi segala-galanya. Coba lihat dan bandingkan warung kelontong dengan jaringan minimarket waralaba. Apa yang kita lihat?

Perbedaan yang mencolok adalah kerapihan dan kabersihan. Usaha konvensional (tradisional) tidak mempunyai SOP, tidak ada unsur kerapihan. Kalaupun ada, itu adalah versi pemiliknya yang belum tentu menarik calon konsumen.

Sedangkan pada Usaha bersistem seperti minimarket waralaba, akan kita jumpai dengan tempat yang bersih, rapi dan harum.
Selain itu ada kemudahan mendapatkan barang dan harga serta kemudahan transaksi yang menjadi dambaan semua konsumen.

Pada restoran juga demikian, pada restoran biasa, sering kita dibuat jengkel dengan pelayanan yang sama sekali tidak rama, pelayanan lama, serta salah saji. Sedangkan pada restoran bersistem, kita dapati pelayanan yang ramah dengan transaksi yang cepat dan menu yang kita pesan bisa kita nikmati segera.

Jadi, kerapihan itu adalah bagian dari kualitas usaha kita. Yang dimaksud rapi adalah rapi mulai dari produk, kemasan, distribusi, tempat jualan, display, layanan, personel hingga administrasi.

Nah!.. Sudahkan kita memiliki ini semua? Jika belum, sekaranglah saatnya untuk membuat sistem yang dapat merapikan usaha kita.

****************
Anda ingin buat SOP? Kami bisa membantu Anda....!!! Hubungan: www.contohsop.com HP: 08124683055

2 komentar:

Alim Mahdi adalah Founder www.mastersop.com

Konsultan SOP dan Penggagas "GERAKAN PENGUSAHA SADAR SOP"