Acara ini terselenggara berkat Kerjama dengan Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Diselenggarakan oleh Great Edu Global Mahardika untuk pelaku UKM dalam upaya mendukung implementasi nilai-nilai Revolusi Mental.
Selain sesi workshop live stream melalui Zoom, juga dilaksanakan WhatsApp Group Discussion. Untuk WA Grup ini bisa dilakukan dengan 2 opsi :
1. Pemateri memberikan tugas praktek yang relevan dengan materi yang
disampaikan pada sesi live. Tugas praktek diulas atau didiskusikan melalu WA
Grup pada jadwal yang sudah ditentukan. Durasi diskusi WA Grup maksimal 2 jam
(120 menit).
A. Digital Marketing
➢ Basic Digital Marketing : Rizqi Mulyantara HS
- Konsep digital marketing
- Platform pendukung untuk digital marketing
- Step by Step praktek digital marketing untuk pemula
➢ Strategi jualan di Social
Media : Yasmin Zata Ligouw
- Konsep Sosial Media dan cara memilih social media yang tepat
- Basic Strategi jualan di social media
- Pengelolaan social media untuk branding dan jualan
➢ Content Marketing : M Ryan
Saputra
- Konsep Konten Marketing
- Menentukan Konten yang tepat untuk bisnis yang dimiliki
- Analisa konten marketing dan manajemen konten marketing yang baik.
B. Penyusunan Laporan Keuangan UMKM
➢ Financial Fundamentals for Small Business : Riffa
Sancati
– Guidance for micro
entrepreneurs to setup and manage their company’s financials
➢ Manajemen Asset dan SOP Usaha
: Coach Alim Mahdi
- Mendokumentasikan asset usaha dan kondisi kesehatan asetnya -
Mengetahui langkah2 dalam membuat SOP untuk usaha
- Tips memvalidasi keterlaksanaan SOP
- Strategi mengkomunikasikan kepada tim
- Perencanaan pengelolaan asset menjadi support sistem operasional UMKM
➢Menghitung HPP dan Menentukan Harga Jual : Muhammad
Zamhar Auli Subhi
- Pengertian HPP dan istilah yang sering digunakan
- Analisa beban usaha dan Menghitung HPP
- Menentukan harga jual yang menguntungkan dan mampu bersaing
C. Scale Up Market
➢ Strategi Permodalan Usaha dan Pengembangan Usaha :
Coach Faransyah Jaya
- Pilihan permodalan untuk UMKM serta kelebihan dan kekurangannya -
Strategi menentukan pengembangan usaha dan penambahan/pengelolaan modal -
Praktek membuat Analisis SWOT
➢ Analisa Kompetitor dan Strategi Bisnis : Sony Arca Adrianto
- Cara menganalisa kompetitor product dan usaha - Menentukan value
added untuk produk - Best practice pengalaman pengembangan bisnis (Martabak
Orins)
➢ Riset Pasar dan Produk Manajemen : Lukman Hakim Prasetyo - Analisa Pasar yang akan dituju - Menentukan target pasar - Analisa dan pengembangan produk.
Saya sendiri menyampaikan materi Majemen Asset, SOP dan dasar penyusunan laporan keuangan. Dan disesi akhir saya memberikan tugas kepada peserta membuat neraca awal perusahaan UMKM.
Harapan saya semua peserta mendapatkan tambahan skill dalam Online Workshop UpSkilling Pelaku UMKM Binaan GretEdu sebagai Aktualisasi Revolusi Mental menuju Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing, Aamiin.
0 komentar:
Post a Comment
Alim Mahdi adalah Founder www.mastersop.com
Konsultan SOP dan Penggagas "GERAKAN PENGUSAHA SADAR SOP"