Saturday 14 March 2020

Ujian Sebagai Sarana Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Jadikan setiap ujian menjadikan diri lebih dekat kepada Tuhan. Dalam mengarungi samudera kehidupan, kita banyak menghadapi berbagai ujian dan cobaan yang silih berganti mewarnai kehidupan kita, bahkan belum selesai masalah yang satu muncul lagi masalah yang lain begitu seterusnya.

Sesungguhnya kehidupan dunia ini adalah negeri ujian, dimana setiap insan tidak dapat lari dari ujian.




Ketahuilah, ujian yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya, sesuai dengan kesanggupan masing-masing, sebagaimana firman Allah SWT "Allah tidak memberikan kesulitan kepada seseorang hamba melainkan sesuai dengan kesanggupannya". [Al-Baqarah/2: 286].

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ

Percayalah, habis gelap terbitlah terang, Allah SWT menyembinyikan matahari, lalu menghadirkan petir dan hujan mambuat kita bersedih padahal sesungguhnya sesudah itu Allah SWT ganti dengan pelangi yang indah.

Bahwa setiap ujian yang Allah SWT bebankan kepada kita sesungguhnya memiliki berjuta-juta hikmah, antara lain ada tiga mutiara dibalik ujian dan cobaan hidup sebagai berikut :

1. Antara lain Ujian adalah hadiah dari Allah SWT
Suatu ujian dari Allah SWT, sesungguhnya bukan berarti bahwa Allah SWT bermaksud menganiaya hamba-Nya. Tetapi sebaliknya, ujian merupakan kasih saying Allah SWT kepada hamba-Nya karena dengan ujian tersebut ia akan dapat mengetahui manisnya iman, dzikir, dan taqarrub bilah.

2. Ujian meningkatkan keimanan
Terkadang, seorang hamba hanya mengingat Allah SWT saat menghadapi ujian, yang dapat menyadarkannya bahwa ia adalah makhluk yang lemah, tidak berdaya, dan membutuhkan pertolongan Allah SWT.

"Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya. . {al-Kahf/18: 7}

اِنَّا جَعَلۡنَا مَا عَلَی الۡاَرۡضِ زِیۡنَۃً لَّہَا لِنَبۡلُوَہُمۡ اَیُّہُمۡ اَحۡسَنُ عَمَلًا

0 komentar:

Post a Comment

Alim Mahdi adalah Founder www.mastersop.com

Konsultan SOP dan Penggagas "GERAKAN PENGUSAHA SADAR SOP"