Thursday 12 March 2020

Positif Belum Tentu Baik, Menyikapi Covid-19 (Corona)

Negatif juga belum tentu buruk, lho kok bisa? Misalnya dalam wabah Corona, positif berarti tertular Covid-19 yang berarti bencana, jika negatif justru terhindar dari bencana. Wabah corona semakin menggila, korban semakin bertambah, bahkan Bali pun terkena imbasnya, pariwisata sepi sehingga rekan-rekan yang bisnisnya terkait dengan sektor pariwisata ini berdampak pada penjualan bulan ini yang ngedrop. Lebih-lebih setelah terdapat kasus bule meninggal setelah kena virus corona ini.

Yang kita lakukan adalah bersabar dan tidak kehilangan semangat untuk terus berusaha, berdoa adalah senjata utama.

Berkaitan dengan judul tulisanku ini. Memaknai istilah itu tergantung konteks dan waktunya. Kitapun sering kesulitan menyampaikan keunggulan VALUE yang kita punya karena komunikasi yang buruk.

Padahal Value dalam bisnis adalah identitas dan ciri pembeda dari yang lain. Untuk memahami Value kita perlu mengalami (experience). Pesan saya pada team Avengers: "Ingat cerita tentang bunyi bunga kol dan kentang di KMB Avengers tadi pagi".... hehe..hehe 😁🤭😊🤣

Terus, apakah komunikasi itu butuh skill? Tentu saja butuh skill. Ingat ya, komunikasi adalah skill sekaligus attitude. Cara menyampaikan adalah 'skill', 'content'nya menunjukkan attitute penyampainya.

Sukses lebih banyak ditentukan oleh ‘attitude’, bukan pada ketinggian ‘skill’. Attitude bisa juga dilihat dari kualitas perkataan kita terhadap orang lain, baik secara lisan maupun melalui tulisan / sosial media.

Mungkin teman2 bertanya, attitude di dalam perkataan itu seperti apa? Perkataan yang kita ucapkan melalui lisan dapat membuat orang lain bahagia, tetapi sebaliknya juga bisa membuat sengsara. Lisan ibarat sebilah pedang yang tajamnya bisa membunuh kita. Tapi bisa menjadi kapas empuk dan lembut yang bisa meninabobokan kita. Itulah attitude.

Gunakan lisan Anda dengan bijaksana, semua ada konsekwensinya, pilih pahala atau dosa!.

Perkataan yang baik itu ibarat pohon yang kokoh dan baik, akarnya kuat dan cabangnya menjulang tinggi ke langit. Pohon itu memberikan manfaat dengan cara memberikan buahnya pada setiap musim.

Yuk tetap kita bersabar waluapun dalam kesulitan, selalu tebarkan Epos dan semangat berbagi!

0 komentar:

Post a Comment

Alim Mahdi adalah Founder www.mastersop.com

Konsultan SOP dan Penggagas "GERAKAN PENGUSAHA SADAR SOP"