Sunday 16 March 2008

Kerang Mutiara atau Kerang Rebus?

Kerang Mutiara atau Kerang Rebus?
Jamil…kamu memilih menjadi apa? Kerang rebus atau kerang mutiara?” tanya Bapak. Belum sempat menjawab beliau sudah menambahkan, “Kalau kamu memilih jadi kerang rebus, kamu akan dijual secara obral di pinggir jalan. Sebaliknya, kalau memilih manjadi mutiara, kamu akan berada di tempat-tempat terhormat dan juga dipakai oleh orang-orang terhormat. Hargamu mahal. Hidup adalah pilihan Mil… terserah kamu. Kamu boleh pilih mau jadi kerang rebus atau jadi kerang mutiara. Kamu pilih jadi kerang apa?

Itulah secuil penggalan dari potret perjuangan hidup ‘Jamil Azzaini’ yang ditulis dalam buku terbarunya “Menyemai Impian, Meraih Sukses Mulia” . Kerang Mutiara atau Kerang Rebus? Kerang mana yang harus diambil oleh seorang Jamil Azzaini? . Buku yang luar biasa, penuh dengan kisah-kisah hidup dan menyentuh hati, sangat meng-inspirasi dan memotivasi.

Jamil Azzaini, sekarang adalah Trainer sekaligus Inspirator. Penulis Buku Bestseller Kubik Leadership. Pria kelahiran Purworejo Jawa Tengah, 09 Agustus 1968 ini menempuh jenjang pendidikan formal (S-1) dan (S-2) di Institut Pertanian Bogor. Sejak tahun 1995, Jamil Azzaini juga menjadi pembicara publik dengan berbagai tema, khususnya pengembangan diri, kewirausahaan, dan pemberdayaan masyarakat.

Ya… mas Jamil Azzaini, hari Jum’at (15 Maret 2008), memberikan kabar kepada saya via sms bahwa beliau sedang berada di Bali dalam rangka memberikan Training Bank Mandiri di Bali. Akhirnya saya kontak beliau dan berjanji ketemu di Gramedia Kuta Galeria malam harinya.

Malamnya, saya mengajak istri dan dua anak saya juga bersama pak Hendry (Pogram Manajer DSM Bali) dan istrinya menemui beliau sesaat setelah mengisi bedah buku tentang buku terbarunya di Gramedia Kuta Galeria Bali. Kami sebelumnya memang sudah saling mengenal ketika beliau masih di Dompet Dhuafa Republika, ketika itu akhir tahun 2005, saya pas mengikuti pelatihan Lembaga Amil Zakat di Parung Bogor yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa Republika.

Malam itu kami bertemu dan berbincang sebentar dan berfoto bersama. Saya beli satu buku tulisan beliau dan ditandatangani langsung oleh beliau. Kemudian berjanji untuk bertemu di kantor DSM Bali di pagi harinya. Mas Jamil akan datang ke kantor DSM apabila Kondisinya sudah fit (malam itu beliau kelihatan letih dan sakit batuk), akan berbagi pengalaman dan memberikan motivasi kepada temen-temen Amil di kantor DSM Bali. Ternyata Allah mempunyai rencana lain, karena beliau pagi harinya harus pulang ke Jakarta karena Adik beliau melahirkan, saya terima sms beliau: “Maaf sms sebab kalau telp batuk2, saya harus pulang pagi karena adik saya melahirkan di rumah saya, insya Allah lain kali saya bisa silah ukhwah dg temen2”. Akhirnya saya jawab “ Ok mas. Semoga lancar dan segera fit. Selamat jalan, dan sukses selalu”.

Semoga lain waktu bisa bertemu kembali lagi, karena kami punya rencana mengundang beliau pada bulan April – Mei 2008 dalam rangkaian DSM EXPO dengan tema : Bersama Bangkitkan Kepedulian Sosial. Wallahu’alam.

Catatan: “Kerang Mutiara atau Kerang Rebus?”. Salah satu tulisan dalam buku “Menyemai Impian, Meraih Sukses Mulia”. Penulis Jamil Azzaini @ 2008. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 174 halaman).

0 komentar:

Post a Comment

Alim Mahdi adalah Founder www.mastersop.com

Konsultan SOP dan Penggagas "GERAKAN PENGUSAHA SADAR SOP"