Friday 20 April 2012

Langkah Membentuk KARISMA & tampil CEMERLANG

Dalam kehidupan kita sehari-hari, baik itu dikantor, dikomunitas. Sering kita temui ada seseorang yang selalu tampil penuh pesona, berkharisma dan enak sekali diajak bicara.

Kenapa mereka bisa tampil begitu berKARISMA ?

Karena sebagai seorang Sales, tentu kita punya keinginan bisa tampil berKARISMA seperti itu supaya kita bisa tampil PD dan terjalin TRUST dari Costumer.

Apa itu KARISMA ?
Karisma :
--> KUALITAS pribadi yang dapat memBERI PENGARUH, keKUATan dan WEWENANG kepada orang lain.

Bagaimana membentuk KARISMA ?
Karisma itu dibentuk dari pengembangan Kecerdasan SPIRITUAL (SQ) dan Kecerdasan EMOSIONAL (EQ) --> ESQ

Ada 6 langkah sederhana yang dapat membentuk kita menjadi Sales yang berKARISMA :

1. HUMBLE
Mari kita selalu bersikap RENDAH-HATI. Jauhkan ego menonjolkan diri, sikap rendah hati akan membuat Costumer itu NYAMAN.

Sering kali kita saat kunjungan ke Costumer, terjebak menceritakan keHEBATan diri kita dimasa lalu untuk :
- meningkatkan PD
- merendahkan kompetitor
- mempercepat upaya meraih TRUST dari Costumer.

Namun sering kali hasilnya berbalik 180 derajat. Costumer jadi kurang respek, competitor menjauh (padahal competitor jika kita mampu kelola dengan baik merupakan aset informasi yang berguna)

2. Menjadi KOMUNIKATOR yang handal.
Menjadi Sales yang berkarisma harus skill bertanya dan mendengarkan. Mampu menggali Info dan mendorong Costumer bercerita tentang NEED & WANT'nya.

Berikan perhatian secara personal, dengan mau menDENGAR dan memahami, ini akan membuat diri kita tampil sebagai Sales yang ASERTIF dan KOMUNIKATOR yang handal)

3. Berbusana yang RAPI dan WAJAR.
Semua orang pasti suka melihat sesuatu yang enak dilihat, demikian pula dengan Costumer.
Berbusana rapi akan membuat citra-diri kita mapan dan dapat diandalkan.

4. Think, Talk & Act  With Enthusiasm.
Berfikir, berkata dan bertindak dengan penuh anthusias.
Sikap Anthusiasme kita itu dapat menyebar/menular ke Costumer, sehingga akan memperkuat Costumer TRUST kepada kita.

5. berWAWASAN.
Sebagai Sales kita wajib mempunyai wawasan yang luas, baik dalam industri/bisnis yang kita jalani maupun bisnis lainnya.
Hal ini perlu kita kuasai, karena sering kali kita temuai Costumer sedang "mati-gaya" sehingga secara tak-sengaja Costumer sering mencari ide/info kepada kita sebagai Sales.

Wawasan kita akan menentukan kualitas jawaban kita, kualitas jawaban kita menentukan dalamnya kepercayaan Costumer kepada kita.

6. Berani mengAMBIL TANGGUNG-JAWAB
dengan resiko yang sudah diperhitungkan matang. Sikap berani mengambil tanggung-jawab secara matang akan membuat Costumer merasa aman bersama kita.

Untuk menjadi seorang Sales yang berKARISMA dimata Costumer (dan kompetitor), ada 6 hal yang patut kita lakukan :
- Humble
- Komunikatif
- Rapi
- Antusias
- Berwawasan
- Bertanggung jawab

Selamat beraktifitas, Semoga sukses sejahtera (By David Schwarts)

2 komentar:

Alim Mahdi adalah Founder www.mastersop.com

Konsultan SOP dan Penggagas "GERAKAN PENGUSAHA SADAR SOP"