Tuesday 1 May 2012

Mentransformasi seorang 'Sales' dari Pemburu menjadi Petani

Artikel ini saya tulis kembali dari pakar marketing di KOMISI (Komunitas Sales Indonesia) yaitu Dedy Budiman M.Pd - The Champion Sales Trainer dan GM. Agung Nugroho. Tulisan yang diawali kalimat yang dasyat sbb:

"Anda disarankan untuk mengubah diri dari seorang salesperson menjadi lebih dari sekadar teman bagi pelanggan dan klien Anda". 

"Singkat kata, berhentilah menjual dan mulailah membina hubungan baik".

Pernyataan ini akan merubah gaya hidup bagaimana Anda menjual. Mentransformasi seorang 'sales' dari pemburu menjadi petani

Sering kali kita sebagai Sales Person terbawa emosi untuk langsung mengeluarkan jurus menjual & menjual. Kurang peduli etika dan respon orang yang dihadapi

GM. Agung Nugroho mengambil contoh tentang Status di BBM salah satu Member KOMISI beberapa waktu yang lalu.

Isinya kurang lebih : "Maaf buat anda yang selalu BM/Jualan ke BB saya, akan saya hapus karena membuat BB saya Hang"

Saya (GM. Agung Nugroho) sempat tersenyum geli membaca status tersebut. Namun beberapa waktu yang lalu saya sendiri mengalami peristiwa itu sendiri.

Sepertinya terlalu membabi buta sehingga melupakan etika berkomunitas. Saat itu ada new-contact yang add PIN BB saya, lalu saya approval. Lalu saya beri ucapan terima-kasih karena telah berkenan add PIN BB saya.

Saya mencoba mengali "Building Rapport" dengan bertanya Nama dan mencari tahu darimana memperoleh PIN BB saya

(Karena kebetulan saya aktif menulis di 6 Milist, saya bermaksud mau mengelompokan New Contact berdasar atas Komunitas/Milist)

Namum jawabannya sungguh diluar dugaan. Saya mendapat balasan berupa BM jualan dan jualan. Secara tak sadar timbul resistensi dan rejection saya dan saya jadi bisa memahami kenapa orang bisa mendelete contact BB karena alasan tersebut diatas.

Kembali kepada statement Pak Dedy Budiman :
"Singkat kata, berhentilah menjual dan mulailah membina hubungan baik"

Dan ada kata-kata bijak yang bagus sekali, yang berbunyi :
"Kelolalah orangnya dulu, maka angka-angkanya pasti secara otomatis akan menyusul kemudian"(Un Known)

Building Rapport sangat perlu bagi kita jika ingin sukses berkarya sebagai Sales Person. Kita mampu dan mau mengelola client dengan sempurna maka hasilnya akan kita petik secara sempurna.

*sumber: Dedy Budiman & Agung Nugroho

Pesan Sponsor: Mau followers banyak?? Bosen dengan liker fanpages Anda segitu2 aja?? Jangan Galau!... Hubungi: Alim Mahdi (PIN BB: 216568CD) - Social Media Consultant & Weblog Master.

0 komentar:

Post a Comment

Alim Mahdi adalah Founder www.mastersop.com

Konsultan SOP dan Penggagas "GERAKAN PENGUSAHA SADAR SOP"