Wednesday 23 October 2019

3 Alasan ini yang membuat Value Proposition Buruk

Bad Value Proposition, Feeling dan asumsi yang buruk serta pemahaman yang dangkal terhadap pelanggan seringkali menjadi dasar dalam menciptakan proposisi nilai (Value Proposition) pada produk kita, sehingga yang didapat adalah "Bad Value Proposition"

Padahal untuk menciptakan ‘Proposisi Nilai’ yang baik sehingga products dan services benar-benar dibutuhkan oleh Customer, tidak lain dan tidak bukan adalah pemahaman yang dalam, dekat dan nyata terhadap profile calon pelanggan kita. 

Nah pada pertemuan ke 7 (22/10/2019) di KMB Avengers ini (hadir hanya separuh hehmm), kita kupas habis bagaimana membuat Value Proposition yang tepat. Materi ini adalah kelanjutan sekaligus pendalaman dari pertemuan sebelumnya tentang “menemukan value produk”.

Tiga point penting yang wajib dikupas pada customer profile adalah : Jobds, Pains dan Gains (Tugas, Kesulitan dan Keuntungan). Baik dalam perspektif fungsional, sosial maupun emosional.
Kita harus tahu, tugas pelanggan baik secara fungsional, sosial maupun emosial. Jika sudah, tugas berikutnya adalah mengidentifikasi dan menganalisa Kesulitan dan Keuntungan Pelanggan.

Ada 3 katagori ‘Kesulitan pelanggan’ terdiri dari kesulitan yang berupa : Hasil yang tidak diharapkan, hambatan, dan risiko yang tidak diinginkan. Sedangkan Keuntungan pelanggan dibagi menjadi: Keuntungan yang diwajibkan, keuntungan yang diharapkan dan keuntungan yang mengejutkan.

Jika sudah diketemukan, langkah berikutnya adalah membuat ‘Kesulitan’ dan ‘Keuntungan’ pelanggan itu menjadi se-riil dan senyata mungkin dengan cara, metoda, tips dan tools yang diberikan di materi.

Kerennya lagi, di sesi ini diberikan contoh “Daftar Pertanyaan Pancingan” untuk membantu kita agar dapat memperoleh ‘Potensi Kesulitan Pelanggan’ sebanyak mungkin dan senyata mungkin.

Karena dengan memahami yang lebih baik dan benar, tentang profile pelanggan maka kita bisa menciptakan value yang ‘Pains Relieves’ dan ‘Gains Creator’ sehingga Products & Services yang kita peruntukkan untuk pelanggan kita benar-benar membuat bahagia mereka.

Sudah tahukan apa itu pains relieves dan gains creator?
So gaes, tetap semangat, selamat berpraktek ria, dan sampai jumpa di KMB Avengers berikutnya... eng… ing…. eng….

*refrensi buku : Value Proposition Design.

Visit an official website : www.mastersop.com




0 komentar:

Post a Comment

Alim Mahdi adalah Founder www.mastersop.com

Konsultan SOP dan Penggagas "GERAKAN PENGUSAHA SADAR SOP"